Twitter
Sebagai Perkembangan IT
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki
dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan
hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan
menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel
(telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di
negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San
Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server
dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh
Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat
ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan
sebagai "SMS dari
internet". Twitter memiliki logo berupa seekor
burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai
setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
A.
Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi
yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat
pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama
acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan
per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter
mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi
"Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
B.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan
dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang
menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun
2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama
tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010
pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta
kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim
setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih
aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala
Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30
setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor
dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah
kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada
tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal
dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna
memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael
Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
C.
Secara Keseluruhan
Tentang Twitter
1.
Pesan
Pengguna dapat menulis pesan
berdasarkan topik dengan menggunakan tanda pagar (#) (hashtag).
Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa
menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya
mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan
pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam
pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan
URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi
dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly
untuk memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.
2.
Konten Dalam Twitter
a.
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat
kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama
disebut juga sebagai Timeline
b.
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh
seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah
dikirim-tampil.
c.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang
ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun
seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk
d.
Mengikuti
(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah
akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh
orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
e.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan
dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan
diajak bicara.
f.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh
halaman sebelumnya.
g.
Pesan Langsung (Direct
Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa
disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di
antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut
kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
h.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik
tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh
orang lain juga
i.
Senarai (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan
ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat
melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username)
yang mereka ikuti (follow).
j.
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang
sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan
tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul
dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal
ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi
populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu
peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu
tersebut.
Topik-topik tersebut membantu Twitter
dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik
tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti
tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending
Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat
Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat
Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di
Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak
peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan
(dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla,
Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter
dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
k.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
- Celoteh tidak berarti - 40%
- Percakapan - 38%
- Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
- Promosi diri - 6%
- Berita - 4%
- Spam - 4%
3.
Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu
dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa
trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa
Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial
berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan
Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh
tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan
sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7
juta pada Februari 2009.
4.
Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang
dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan
aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada
banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, SnapTwit, SimpleTweet, Gravity
5.
Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada
bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar
daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga
menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan
bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang
awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung
dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini
dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar
artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya
sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa
memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali
menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah
Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
6.
Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan
Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah
diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah
mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan.
Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi
pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk
secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm)
XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing
komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil
dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
7.
Penggunaan Twitter di Indonesia
Di Indonesia, Twitter sangat populer.
Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta
aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam
sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi
negara nomor satu untuk urusan Twitter.
8.
Riset dan Kritik
Banyak yang mengatakan bahwa twitter
adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun,
beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima
pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka. Berbagai penelitian di sekitar Twitter telah dilakukan seperti bidang
sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian dilakukan Bruno Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu
seseorang berinteraksi namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan
sosial secara stabil.
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter
memiliki tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti
menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai
hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet. Pada bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai menyindir Twitter.
Banyak karakter menyoroti kicauan yang mengikuti pemutakhiran topik hangat (trend
updates) terus-menerus. SuperNews! juga mengatakan bahwa Twitter sebagai
kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih dari “teriakan ke kegelapan
berharap seseorang mendengarkan”.
Scott A. Golder dan Michael W. Macy menganalisis lebih dari 500.000 update oleh 2,4 juta
pengguna Twitter di 84 negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi
kelompok-kelompok update berdasarkan jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan
pola seharian. Alessio Signorini menggunakan data menciak pengguna
Twitter untuk mengganalisis tingkat penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat.[14] Marcel
Salathé dan Shashank Khandelwal melacak bagaimana pola pikir pengguna
Twitter berkorelasi dengan tingkat partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana
perasaan negatif atau positif mempengaruhi pengguna lain.
Referensi
- www.wikipedia.org
- Aulia, Muhammad. 2010. Belajar Teknologi dengan Mudah. Depok: Gramedia Pustaka
- Elcom. 2009. Twitter: Best Social Networking. Jakarta: Penerbit Andi Jogjakarta
- Milstei, Sarah and Tim O’Reilly. 2009. The Twitter Book. USA: O’Reilly Media Inc.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar